• Peran Pemuda Membangun Sebuah Negara yang Maju dan Kompeten

     

     

    PERANAN PEMUDA UNTUK MEMBANGUN SEBUAH NEGARA YANG MAJU DAN KOMPETEN DALAM DUNIA INTERNATIONAL

     

                Dalam membangun sebuah negara yang maju tidak hanya peran pemerintah saja. Namun masyarakat juga berperan penting, terutama para pemuda. Mengapa demikian ? Karena para pemuda berperan sebagai agent of change (agensi perubahan) yang mendorong terjadinya inovasi kearah yang lebih baik dan juga para pemudalah yang akan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

                Pada saat ini perkembangan zaman yang lebih maju karena adanya teknologi membuat persaingan pembangunan dunia international sangatlah ketat. Dimana negara – negara akan selalu berinovasi agar tidak tertinggal oleh negara – negara lain. Termasuk negara kita tercinta yaitu Indonesia.

                Lalu bagaimana peran pemuda – pemudi untuk membangun sebuah negara yang maju dan kompeten dalam dunia international ? Sebagaimana disebutkan bahwa persaingan di masa depan adalah persaingan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dari itu, agar dapat mengambil bagian, harus menguasai dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir, agar dapat berpotensi melahirkan karya dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu berkompeten di dunia international. Tidak hanya dalam segi ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan dapat juga dalam bidang non ilmu pengetahuan dan teknologi seperti bakat yang ada pada pemuda tersebut. Sebab tidak semua pemuda – pemudi yang kompeten dalam bidang tersbut. Mengembangkan bakat yang ada apada diri pemuda – pemudi dapat membangun sebuah negara yang dapat berkompetensi dalam dunia international. Bagaimana caranya? Pemuda yang memiliki bakat harus selalu diasah agar dapat mengikuti kompetensi - kompetensi yang dilaksanakan oleh berbagai negara. Dimana dengan mengikuti kompetensi tersebut pemuda membawa nama baik sebuah negara. Cepat atau lambat dengan adanya prestasi – prestasi membuat negara lebih maju dan dapat kompeten di dunia international. 

                Namun kedua hal tersebut bukan yang terpenting, tapi yang terpenting adalah generasi muda yang memiliki jati diri, memiliki sikap dan prinsip yang tangguh, memiliki nilai – nilai spiritual, moral dan budaya yang tinggi menjadi modal untuk membangun sebuah negara yang dapat berkompeten dalam  dunia international. Menjadi kompeten memang hebat, namun apalah arti berkompeten tapi tidak diirinngi dengan moral yang baik. Pentingnya moral dalam bertindak maupun bersikap kepada orang di sekitar menjadikan cermin kepribadian suatu negara untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

                Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita memahami arti mendalam tentang nilai moral agar dimasa depan dan masa sekarang serta mulai sekarang pemuda-pemudi Indonesia memiliki nilai moral yang baik dengan tujuan dapat membantu mewujudkan Indonesia lebih maju dan dapat berkompeten dengan dunia international, dengan nilai moral sebagai penopang utama bagi setiap sikap pemuda masa depan.

  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13