• MEMAHAMI SERTA MENERIMA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRI SENDIRI

      

    MAKALAH

    MEMAHAMI SERTA MENERIMA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DIRI SENDIRI
    Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
    Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma


                                                                                                                                         

     

    Disusun oleh:

    Ya’sin Shofiani (31)

    Npm : 11120170
    Kelas : 1KA18

     

     

     

    UNIVERSITAS GUNADARMA

    FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

    JURUSAN SISTEM INFORMASI

    2020




    KATA PENGANTAR

    Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan saya kemudahan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya saya tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

                Saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga saya mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar dengan tema “Memahami Dan Menerima Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri”.

    Saya tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, saya mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

    Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

    Jakarta, 27 Oktober 2020

     

    Ya’sin Shofiani


     

    DAFTAR ISI

     

    KATA PENGANTAR

    DAFTAR ISI

     

    BAB I  Pendahuluan

    A      Latar belakang masalah

    B      Rumusan masalah

    C      Tujuan

     

    BAB II PEMBAHASAN

    A      Pengertian kelebihan dan kekurangan

    B      Kelebihan pada diri sendiri

    C      Mengembangakan kelebihan dalam diri

    D      Kekurangan pada diri sendiri

    E      Menerima kekurangan agar mimpi tercapai

     

    BAB III Penutup

               A  Kesimpulan

               B  Saran

     

    DAFTAR PUSTAKA


     


    BAB I

    PENDAHULUAN

     

    A.   Latar Belakang

     

                Manusia adalah makhluk yang sempurna yang di ciptakan dari makhluk yang lain. Namun dalam kesempurnaan itu manusia juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda – beda. Kekurangan dan kelebihan pada diri seseorang harus diketahui dan diterima. Karena dengan dua hal tersebut seseorang bisa berpotensi dan memiliki kemampuan untuk mencapai cita – citanya atau tujuan hidupnya.

     

                Masih banyak orang yang tidak dapat mengenali dirinya sendiri, mengenali jati dirinya sendiri. Tentu saja hal itu dapat membuat seseorang mengahabat cita – cita dan tujuan hidupnya sendiri. Beberapa orang bahkan tidak peduli dengan kekuatan dan kelemahan mereka. Kehidupan mereka seperti air yang mengalir, mudah terguncang, mudah terpengaruh oleh orang lain, dan tidak memiliki pendirian, prinsip hidup, dan tujuan hidup.

     

                Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimiliki dapat membantu kita untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, menyikapi sesuatu, membuat keputusan, dengan demikian kita tidak mudah termakan dengan omongan orang. Tidak hanya itu saja dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan yang kita miliki dapat menciptakan rasa bersyukur kita kepada Allah SWT.

     

               

    B.    Rumusan Masalah

     

    1.      Apa pengertian dari kelebihan dan kekurangan ?

    2.      Apa saja kelebihan dari diri sendiri ?

    3.      Bagaimana cara mengembangkan kelebihan dalam diri sendiri ?

    4.      Apa saja kekurangan pada diri sendiri ?

    5.      Bagaimana menerima kekurangan agar dapat menggapai mimpi ?

     

     

    C.   Tujuan

     

    1.      Mengetahui pengertian dari kelebihan dan kekurangan.

    2.      Mengetahui kelebihan pada diri sendiri.

    3.      Mengetahui agaimana cara mengembangkan kelebihan dalam diri sendiri.

    4.      Mengetahui apa saja kekurangan pada diri sendiri.

    5.      Mengetahui bagaimana menerima kekurangan agar dapat menggapai mimpi.




    BAB II

    PEMBAHASAN

     

    A.   Pengertian Kelebihan dan Kekurangan

     

                Kelebihan adalah suatu kemampuan karakteristik atau ciri tentang diri kita yang kita anggap lebih baik dari pada kemampuan-kemampuan atau aspek-aspek lain dalam diri kita. Jadi salah satu penyebab kenapa kita sulit menerima kelebihan kita, kadang kala karena memang kita nggak mau kita lebih dalam hal itu, maunya lebih dalam hal yang lain.

     

    Kekurangan adalah kemampuan yang sebenarnya kita harapkan untuk lebih baik dari kondisi sesungguhnya namun ternyata tidak. Jadi yang kita anggap kurang, biasanya adalah hal yang kita inginkan lebih baik. Kekurangan ini biasanya melahirkan rasa malu dan rasa minder.

     

    B.    Kelebihan Pada Diri Sendiri

     

    1.      Percaya Diri

    Percaya diri atau kepercayaan diri adalah suatu perasaan yang sangat kuat yang berasal dari diri sendiri. Percaya diri adalah kepercayaan yang kuat dari dalam diri bahwa segala kemampuan, keahlian atau bakat yang kita miliki akan berguna atau bermanfaat dalam segala hal yang kita lakukan. 

     

    2.      Bertanggung jawab terhadap pekerjaan

    Bertanggung jawab  terhadap pekerjaan adalah suatu keadaan yang mana seseorang secara sadar maupun tidak sadar menanggung suatu pekerjaan tersebut dengan benar.

     

    3.      Penuh Semangat

    Penuh semangat merupakan hal yang harus kita miliki, karena tanpa semangat dalam melakukan sesuatu maka akan timbul rasa malas yang dimana membuat pekerjaan tersebut tidak selesai.

     

    4.      Pendengar yang baik

    Pendengar yang baik adalah kemampuan seseorang yang mampu menjadi audience yang baik dan dapat mengambil kesimpulan dari apa yang di dengar dengan baik.

     

    5.      Berjiwa besar

    berjiwa besar merupakan salah satu sifat yang jarang ditemukan disemua individu. Bisa bersikap ikhlas dan lapang dada bukanlah perkara yang mudah. Terutama ketika hal yang menimpa anda adalah masalah besar atau tidak tertoleransi. Tentu berlapang dada adalah pekerjaan besar.


     

    6.      Supel atau mudah bergaul

    Supel dan mudah bergaul merupakan sifat pertama yang dimiliki manusia. Supel bergantung seberapa ‘tough’ atau kuatnya individu tersebut untuk beradaptasi. Untuk itu orang supel biasanya disukai banyak orang karena sikapnya yang menyenangkan namun tidak membuat orang lain kesal.

     

    7.      Berusaha Jujur

    Jujur merupakan sikap yang dimana seseorang mengatakan atau menyampaikan sesuatu dengan benar adanya yang iasa disebut dengan sesuai fakta.

     

    8.      Sopan

    Kesopanan mungkin sifat yang hanya dimiliki banyak orang timur dibandingkan orang barat. Mengingat mereka sangat bebas, namun bukan berarti bukan sifat yang serampangan. Ada attitude yang bisa dianggap positif dari orang barat, dan sopan memiliki nilai positif.

     

    9.      Integritas

    Integritas adalah sifat yang memiliki prinsip moral dan nilai-nilai inti yang kuat dan menggunakannya sebagai penuntun hidup.

     

    10.  Sikap hormat

    Sikap atau sifat hormat artinya memperlakukan orang lain dengan sopan dan baik. Menghargai kekurangan orang lain tanpa merendahkan mereka.

     

     

    C.   Mengembangkan Kelebihan Dalam Diri Sendiri

                Setiap manusia dianugerahi potensi diri yang sangat luar biasa. Menariknya, manusia sendiri sering tidak mengetahui dengan pasti potensi diri tersebut. Tak heran, ada potensi diri yang memang muncul begitu saja. Ada juga yang harus dipancing dan digali sehingga akhirnya bisa terlihat dengan jelas.

     

                Potensi yang dimiliki setiap manusia berbeda-beda. Meski untuk beberapa aspek ada juga yang memiliki kesamaan. Semua potensi tersebut tidak akan bisa muncul dengan sempurna jika tidak dikembangkan dengan baik dan cara-cara yang benar.Lalu, seperti apa pengembangan potensi diri itu? Berikut cara mengembangkan kelebihan dalam diri sendiri :

     

    1)    Kenali diri sendiri secara mendalam

     

         Banyak orang yang tidak mengenali potensi dirinya karena terlalu sibuk memperhatikan kelebihan orang lain. Sehingga dia disilaukan oleh kehebatan atau kemampuan orang lain yang sudah mampu mengeluarkan potensi dirinya. Jadi, untuk mengembangkan potensi diri, pertama-tama kenali diri sendiri secara mendalam. Coba kembali telaah apa yang Anda sangat sukai.

     

         Kira-kira apa yang membuat Anda tidak pernah bosan melakukannya. Itu bisa menjadi acuan dalam mengenali potensi yang ada dalam diri.Telisik juga apakah Anda sering menjadi pemecah masalah atau punya kemampuan leadership yang mumpuni ketika berada di tengah lingkungan pertemanan.Dengan mengenali diri sendiri lebih dalam, Anda akan lebih mudah mengetahui potensi mana yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi hidup Anda.

     

    2)    Buatlah sebuah tujuan hidup

     

         Hidup tak akan pernah bermakna jika tidak punya tujuan atau sasaran. Dengan memiliki tujuan, maka hidup Anda bakal lebih terarah dan lebih jelas. Semua yang Anda lakukan setiap hari merupakan tahapan yang harus ditempuh demi mencapai tujuan. Cita-cita merupakan bagian dari tujuan hidup. Canangkan sesuatu yang ingin Anda gapai suatu hari nanti. Setelah tercapai, buat tujuan baru dengan skala yang lebih tinggi. Ketika Anda bisa mencapai tujuan hidup, maka Anda pasti akan merasakan hidup yang lebih bermakna.

    3)    Kuatkan niat

     

         Niat akan membantu Anda dalam mengembangkan potensi diri yang sudah dikenali dan digali dengan benar.Ini merupakan unsur penguat sekaligus pondasi dari tujuan hidup yang sudah Anda canangkan sebelumnya. Tentu saja bukan niat yang asal-asalan. Melainkan niat yang kuat yang mampu menghasilkan tekad yang bulat demi tercapainya tujuan hidup. Jika niat yang muncul hanya setengah hati, potensi diri pun bakal sulit untuk terdeteksi. Ketika hal itu sudah terjadi,  jangan harap tujuan hidup Anda bisa tercapai.

     

     

    4)    Terima setiap kritikan

     

         Orang yang berniat dalam pengembangan potensi diri adalah orang yang siap menerima kritikan. Sepedas apa pun kritikan itu, Anda harus belajar untuk menerimanya. Manfaatkan kritikan yang datang sebagai alat untuk mengevaluasi diri. Meski demikian, Anda tetap harus menyeleksi kritikan yang datang. Cermati apakah kritikan tersebut memang murni muncul dari orang lain karena ingin Anda menjadi lebih baik. Karena bisa saja ada orang yang tidak senang dengan perkembangan potensi diri Anda dan berusaha menahannya agar tidak semakin baik.


     

    5)    Buang pikiran negative

     

         Jaga agar diri Anda jauh dari pikiran negatif. Karena pikiran negatif hanya akan menjadi penghambat Anda dalam mengembangkan potensi diri. Ketika Anda selalu membiarkan diri dilanda pikiran negatif, Anda akan otomatis kehilangan fokus dan arah. Anda hanya akan menambah masalah ketika pikiran negatif masuk dalam diri Anda. Untuk itu, buang setiap pikiran negatif yang muncul. Dengan demikian Anda bisa terjaga untuk tetap fokus dalam pengembangan potensi diri demi menggapai tujuan  hidup. Ketika hidup Anda sudah jauh dari pikiran negatif, energi yang ada akan bisa maksimal untuk Anda gunakan mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

    6)    Berkomitmen terhadap niat dan tujuan

     

         Ketika niat sudah kuat, maka yang harus Anda miliki selanjutnya adalah komitmen yang besar dan stabil terhadap niat dan tujuan hidup Anda. Komitmen akan menjaga Anda untuk terus berusaha menggapai semua yang sudah direncanakan. Betapa pun sulitnya jalan yang harus ditempuh, Anda harus bisa menjaga komitmen jika potensi Anda masih ingin terus berkembang. Dengan komitmen yang kuat, Anda akan dijaga untuk selalu berada di jalur yang tepat. Tidak akan mudah diganggu hal-hal yang bisa membawa Anda melenceng dari jalur menuju tujuan hidup. Tidak akan gampang digoda oleh hal lain yang justru akan membuat Anda gagal mencapai tujuan hidup. Karena itu, ketika niat sudah kuat, perkokoh dengan komitmen.

     

    7)    Dapatkan teman teman yang positif

     

         Lingkungan juga akan berpengaruh dalam mengembangkan potensi diri. Karena itu jangan salah memilih teman. Lingkungan pertemanan yang baik adalah mereka yang mampu mendukung semua potensi yang Anda miliki untuk berkembang. Pendeknya, apa pun yang Anda lakukan dalam mencapai tujuan hidup, pastikan mendapat dukungan dari teman-teman di sekitar Anda. Memiliki teman-teman yang positif secara tidak langsung akan memberi Anda semangat untuk terus berusaha mencapai tujuan hidup. Dengan semangat yang terus bergelora, niat yang sudah kuat akan semakin kuat. Tidak akan ada hambatan yang mampu menghentikan upaya Anda dalam menggapai hidup yang lebih bermakna.

     

    8)    Banyak mencoba hal baru

     

         Fokus dalam kemampuan atau keahlian utama Anda memang sebuah keharusan. Tapi bukan berarti Anda dilarang untuk mencoba hal-hal baru. Tetap lakukan hal-hal baru yang bisa membantu Anda menemukan potensi lain yang selama ini masih tersembunyi. Siapa tahu, ternyata Anda bisa menemukan potensi lain yang jauh lebih besar. Namun demikian, jangan terlalu banyak juga dalam mencari hal-hal baru. Ketika Anda sudah menemukan satu atau dua hal yang dianggap sebagai potensi terbesar dalam diri Anda, fokuslah dalam dua hal tersebut. Jangan serakah untuk mencari potensi yang lain. Bukan mustail malah tidak ada satu pun potensi diri yang bisa berkembang secara maksimal.

    9)    Optimis

     

         Dalam setiap upaya yang Anda lakukan pasti akan menemui hambatan. Sulit rasanya untuk mendapatkan jalan yang selalu lurus dalam hidup. Karena itu, dibutuhkan rasa optimistis meski hambatan yang harus dilalui terasa sangat berat. Sikap optimistis ini yang akan membantu Anda dalam mengevaluasi setiap kekurangan yang ada. Untuk kemudian memperbaikinya dan terus melakukan upaya agar potensi diri bisa tetap berkembang sesuai harapan. Potensi diri tidak akan pernah muncul jika tidak Anda upayakan. Karena itu dalam upaya mengembangkan potensi diri, sangat dibutuhkan niat, tekad, dan komitmen yang kuat. Selain itu, jangan pernah malas untuk belajar dan menerima kritikan yang masuk dengan hati yang lapang.

     

     

    D.   Kekurangan Pada Diri Sendiri

     

    1        Belum memiliki pengalaman yang banyak

    2        Tidak mengusai bidang tertentu

    3        Kurang menguasain Bahasa asing

    4        Mudah kecewa atas hasil yang di dapat

    5        Suka memendam masalah

    6        Sulit mengontrol emosi

    7        Masih suka bergantung dengan keadaan orang tua

    8        Suka muncul rasa malas

    9        Merasa tidak enak dengan orang lain

    10    Terkadang suka memaksakan kehendak

     

     

    E.    Menerima Kekurangan Agar Mimpi Tercapai

     

                  Tanpa disadari, seseorang bisa jadi kerap lupa berterima kasih pada diri sendiri. Justru, kekurangan diri yang mendominasi pikiran dan terkadang berdampak pada kepercayaan diri dan aspek mental lainnya. Padahal, seharusnya diri sendiri yang bisa memberikan apresiasi tertinggi sebelum mengharapkan hal serupa dari orang lain. Sudah menjadi hal umum ketika seseorang cenderung fokus pada hal-hal negatif dan perlu diperbaiki dari dirinya. Otak menggunakan bagian yang berbeda untuk memilah informasi positif dan negatif.

     

                  Emosi negatif biasanya memerlukan pemikiran lebih mendalam sehingga informasi yang dicerna pun lebih menyeluruh. Tentu ada batasan antara menerima kekurangan diri dengan terlalu membangga-banggakan kelebihan yang bisa jadi ciri orang dengan gangguan narsistik. Justru, ketika seseorang bisa menerima kekurangan dirinya maka perasaan akan menjadi lebih percaya diri dan berdampak positif bagi banyak aspek kehidupan. Berikut cara menerima kekurang pada diri sendiri :

     

     

     

    1.      Hadapi rasa takut

     

              Setiap orang punya rasa takut tersendiri, terkadang membuat diri terjebak dalam kondisi tertentu. Padahal, langkah untuk menerima kekurangan diri bisa dimulai dengan mulai menghadapi rasa takut. Coba tuliskan apa saja hal yang menjadi ketakutan. Perlahan, hadapi dan pahami mengapa hal itu tidak terlalu menakutkan lagi.

     

    2.      Bersikap positif

             

              Coba kelilingi diri dengan afirmasi positif sehingga bisa memberikan motivasi. Dengan cara ini, setiap kali muncul perasaan ragu atau kurang percaya diri, distraksi menjadi hal positif. Pada awalnya mungkin hal ini terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan menjadi hal yang menyenangkan.

     

    3.      Meditasi

     

              Melakukan meditasi adalah cara yang sangat baik untuk menerima kekurangan diri. Ketika hidup terasa penuh tekanan dan semua serba terburu-buru, tekan tombol jeda sejenak dengan cara melakukan meditasi.Meditasi bisa dilakukan dengan durasi sesuka hati. Semakin lama durasinya, akan semakin terbantu pikiran untuk menjadi rileks dan kembali seimbang.

     

    4.        Dengarkan diri sendiri

     

            Menjadi mindful atau benar-benar sepenuh hati mendengarkan diri sendiri adalah hal penting untuk menerima kekurangan diri. Tanyakan apa yang dibutuhkan diri sendiri dengan cara masing-masing. Ada yang melakukannya sembari berjalan santai, melihat pemandangan, atau hal lainnya.

     

    5.    Berbagi dengan orang lain

     

         Salah satu cara agar merasa bahagia adalah dengan menolong orang lain. Begitu pula sebaliknya, jangan ragu berbagi cerita atau keluh kesah dengan orang lain saat merasa butuh. Adalah hal yang wajar ketika merasa sedang sedih atau bingung. Ketika hal itu datang, jangan ragu mencari bantuan.

     

    6.      Bersyukur

     

              Setiap hari, syukuri hal-hal yang terjadi atau masih bisa dirasakan. Hal ini tak perlu berlebihan dan hal luar biasa, hanya perlu hal sederhana seperti masih bisa terbangun menghirup udara segar atau sekadar masih diberi kesempatan menjalani hari kembali.Setiap hari, coba tulis 3 hal yang paling disyukuri. Hal ini bisa dilakukan pagi atau malam saat menutup hari. Menulis jurnal ini akan menjadi cara yang indah untuk menghargai dan menerima kekurangan diri.

     

    7.    Yakin dengan diri sendiri

     

              Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam menaklukkan pencapaian dalam hidup. Tak perlu membandingkan pencapaian dengan orang lain, yakin saja dengan kemampuan diri sendiri. Tidak bisa mencetak prestasi seperti orang lain yang seusia bukan berarti kekurangan. Setiap orang punya caranya sendiri.

     

    8.        Memaafkan

     

    Jika masih ada hal yang mengganjal dan belum termaafkan, coba lupakan dan maafkan hal itu. Merasakan dendam atau sakit hati hanya akan membuat seseorang tak bisa berkembang. Justru, hal ini dapat membuat seseorang terus menerus mengulik apa kekurangan dirinya.

     

    9.        Pantang menyerah

           

            Tidak ada kesuksesan yang terjadi pada percobaan pertama. Perlu perjalanan panjang jatuh bangun hingga bisa mencapai kesuksesan. Untuk itu, ketika merasa gagal jangan ragu untuk kembali bangkit dan mencoba lagi. Ingat, kekurangan diri bukanlah akhir dari segalanya.

     

     


     


    BAB III

    PENUTUP

     

    A        KESIMPULAN

     

           Dapat diambil kesimpulan dari pejelasan di atas bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Kelebihan tersebut harus selalu dikembangakan agar mendapat hasil yang optimal untuk mendukung cita – cita atau tujuan hidup yang ingin dicapai. Tidak hanya fokus pada kelebihan. Kekurangan sesuatu yang  penting dimana kita dapat berintropeksi diri agar kita mengetahui bagaimana kekurangan tersebut bukan menjadi pengahambat bagi kita untuk megagapai cita –cita. Melainkan kekurangan harus menjadi nilai plus, dimana dengan kekurangan yang ada pada diri kita membuat termotivasi dan dapat berhasil.

     

     

    B        SARAN

               Penulis sadar bahwa dalam pengambilan sub bahasan dalam makalah ini masih banyak kekurangan sehingga dalam penyusunan berikutnya dapat dilengkapi dengan materi-materi tambahan sebab keterbatasan referensi yang penulis miliki. Penulis menyarankan agar para pembaca dapat mengambil sisi positif dari makalah ini yaitu dengan mensyukuri apa itu kekurangan dan selalu mengembangkan kelebihan yang kita miliki agar tercapai tujuan dan cita – cita.


     


                                            DAFTAR PUSTAKA

     

    https://www.telaga.org/audio/menerima_kelebihan_dan_kekurangan_diri

    https://www.studilmu.com/blogs/details/percaya-diri-dimulai-dari-diri-sendiri

    https://dosenpsikologi.com/macam-macam-sifat-manusia

    https://www.tipspengembangandiri.com/mengembangkan-potensi-diri/

    https://mamikos.com/info/contoh-kelebihan-dan-kekurangan-diri-sendiri-saat-wawancara-kerja/

    http://dianachaerisma.blogspot.com/2013/04/kekuatan-diri-dan-kelemahan-diri.html

    https://www.sehatq.com/artikel/sudah-terbiasakah-anda-dengan-9-cara-menerima-kekurangan-diri-ini

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13