• 9 poin masalah pemuda dan solusinya

     

    9 contoh poin masalah pemuda dan solusinya sebagai berikut :

    1.       Pergaulan bebas

    Menginjak masa remaja merupakan masa yang dimana seseorang mencari jati dirinya. Mulai dari bergaul dengan orang di sekitar maupun dengan orang luar. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan para pemuda terjebak dalam pegaulan yang bebas. Agar tidak terjebak dari pergaulan bebas maka solusinya adalah kita sebagai remaja atau pemuda harus pintar pintar memilih pergaulan, apakah pergaulan yang kita ikuti berdampak positif atau negative bagi diri kita dan orang sekitar. Contoh pergaulan yang positif yaitu aktif di organisasi sesuai bidang dan hobi karena tanpa kita sadari akan meningkatkan softskill pada diri kita.

     

    2.       Penyalahgunaan Narkotika

    Pada saat ini tidak sedikit para pemuda yang menggunakan obat terlarang yaitu narotika. Narkotika yang menimbulkan efek halusinasi membuat para pemuda ingin menggunakan narkotika walaupun tidak sakit. Untuk menghindari narkoba para pemuda harus mengetahui apa itu narkoba dan dampak yang akan terjadi setelah mengunakan narkoba. Serta tidak langsung menerima sesuatu jika di berikan obat obatan yang mencurigakan dan bentuk narkoba yang lain mulai dari serbuk, kapsul, pil, dan permen.

     

    3.       Kurang pasti akan masa depannya

    Karena pada saat remaja merupakan masa transisi, jadi pemikirannya belum matang atau masih labil untuk mengambil keputusan. Agar memiliki kepastian akan masa depan kita sebagi pemuda harus berdiskusi dengan orang tua atau orang yang lebih dewasa. Sebab dengan diskusi tersebut kita dapat di berikan penjelasan dari segi hal baik maupun buruknya yang bisa memudahkan kita untuk mengambil keputusan tersebut.

     

    4.       Kurangnya lapangan pekerjaan

    Kurangnya lapangan pekerjaan juga merupakan masalah yang ada pada pemuda. Karena setelah putus sekolah atau setelah lulus dari sekolah para pemuda atau remaja akan mencari pekerjaan dan menyebabkan pengangguran. Maka dari itu solusinya adalah pihak pemerintah membuka lapangan pekerjaan serta pemuda harus bersikap kreativ dan inovatif agar dapat membuka lapangan pekerjaan.

     

    5.       Mencintai produk asing

    Pada  era modern ini banyak sekali produk porduk asing yang masuk ke Indonesia. Hal itu membuat para remaja lebih memilih produk asing agar terlihat keren dimata teman temannya. Solusinya adalah sebagai penerus bangsa para pemuda arus mencintai produk lokal, selain menigkatkan pasar dengan mencintai produk dalam negeri para pemuda dapat meningkatkan rasa nasionalisme.

     

    6.       Lunturnya rasa patriotism

    Sudah jarang pemuda yang hafal nama pahlawan, sejarah Indonesia, dan Pancasila. Hal ini sangat disayangkan karena karena semua pasti akan mengalami pergantian. Namun jika paa pemuda saja tidak tau menau tentang negara bagaimana cara mereka memimpin negara tersebut. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebagai pemuda kita harus banyak membaca, pergi kemuseum museum, serta mempelajari hal hal tersebut.

     

    7.       Kurangnya sifat jujur

    Tidak jarang pada saat ini pemuda yang memiliki sifat kurang jujur, padahal prilaku tersebut merupakan perlaku tercela. Agar terhindar dari sifat tersebut solusinya adalah dengan menanamkan sikap kejujuran dari dini dan tidak bergaul dengan orang orang yang menjerumuskan ke hal ha yang negative.

     

    8.       Bullying

    Hal ini sudah tidak asing lagi hanya karena mereka merasa lebih mampu dari korban sekelompok pemuda ini bias seenaknya memperlakukan korban dengan tidak baik. Bahkan ada yang melukai korban hingga tewas. Solusi untuk sikap bullying yaitu mempunyai sikap menghargai orang lain,  mempelajari dampak dari bullying, serta mengintropeksi diri.

     

    9.       Tawuran

    Banyak sekali pada saat ini para pemuda yang tawuran bias antar sekolah, rt, rw, dan masih banyak lagi. Penyeyabab dari tawuran yang sering kita ketahui adalah salah paham antar kelompok, beda pendapat, dan masih banyak lagi. Agar tidak terjadi tawuran solusinya yaitu denan menerima pendapat orang lain, dan selalu menyelesaikan suatu permasalahan dengan kekeluargaan.

     

     

     

     

     

     

  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13