• TUGAS - ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DENGAN KEMISKINAN

    1.  Jelaskan bagaimana mahasiswa dapat memahami dan menghayati kenyataan yang diwujudkan oleh adanya kemiskinan !

    Jawab :

    Cara agar  dapat memahami dan menghayati kenyataan yang diwujudkan oleh adanya kemiskinan kita sebagai mahasiswa harus mengetahui pengertian kemiskinan, dampak kemiskinan, serta faktor kemiskinan.

    ·         Pengertian kemiskinan

    Pengertian Kemiskinan ini merupakan sebuah kondisi yang mana seseorang itu tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya seperti misalnya tempat tinggal, pangan, sandang, kesehatan yang layak, serta juga pendidikan.

    Pengertian Kemiskinan Secara kuantitatif ialah keadaan dimana taraf hidup seseorang tersebut serba kekurangan atau tidak mempunyai harta benda. Sedangkan untuk secara kualitatif, pengertian kemiskinan ini ialah keadaan hidup manusia yang tidak layak.

     

    ·        Faktor penyebab kemiskinan

    a)      Angka Pengangguran Tinggi

                Keterbatasan lapangan pekerjaan itu bisa/dapat mengakibatkan angka pengangguran menjadi tinggi. Sehingga semakin banyak pengangguran tersebut maka tingkat kemiskinan juga meningkat. Peningkatan tingkat pengangguran tersaebut juga menimbulkan masalah lain seperti pengemis, tindak kejahatan, serta lain sebagainya.

     

    b)     Pertumbuhan Penduduk

                Angka kelahiran yang semakin tinggi jgua menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan sebab dapat meningkatkan laju pertumbuhan penduduk itu menjadi besar. Apabila pertumbuhan penduduk ini tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi, maka hal itu akan mengakibatkan angka kemiskinan yang semakin meningkat.

     

    c)      Bencana Alam

                Faktor penyebab kemiskinan yang tidak dapat dicegah ialah bencana alam. Bencana alam seperti misalnya tanah longsor, tsunami, banjir, serta lain sebaginya itu dapat menimbulkan kerusakan infrastruktur serta psikologis. Peristiwa bencana alam besar ini dapat membuat masyarakat mengalami kemiskinan sebab kehilangan harta bendanya.

     

    d)     Faktor Malas bekerja

                Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa penyakit malas bekerja itu yang menjangkiti seseorang dapat menghambat dirinya untuk maju serta hidup dibawah garis kemiskinan. Hal tersebut karena banyak yang beranggapan bahwa nasib serta takdir untuk hidup dalam kemiskinan ialah jalan hidup sehingga membuat mereka untuk acuh tak acuh serta tidak semangat untuk bekerja.

     

    e)      Beban Keluarga

                Banyaknya anggota keluarga yang tidak diimbangi dengan adanya peningkatan daru pendapatan yang didapatkan itu bisa menimbulkan kemiskinan, hal ini menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan sebab dengan banyaknya anggota keluarga maka semakin meningkat pula tuntutan dan juga beban hidup yang harus dipenuhi.

     

    f)       Tingkat Pendidikan yang Rendah

                Salah satu dari faktor penyebab kemiskinan ialah tingkat pendidikan rendah itu cenderung tidak mempunyai pengetahuan, keterampilan, serta juga wawasan yang memadai. Sehingga pada akhirnya mereka yang memiliki tingkat pendidikan rendah itu tidak mampu untuk bersaing dengan masyarakat yang berpendidikan tinggi di dunia kerja. Hal tersebut yang kemudian membuat angka kemiskinan serta pengangguran semakin bertambah.

     

    g)      Distribusi yang Tidak Merata

                Faktor penyebab kemiskinan yang terakhir iaslah distribusi yang tidak merata. Ketidaksamaan pola kepemilikian sumber daya yang dimiliki itu bisa/dapat menimbulkan ketimpangan distribusi pendapatan. Biasanya masyarakat yang hanya memiliki sumber daya terbatas serta memiliki kualitas yang rendah berada di bawah garis kemiskinan.

     

    ·         Dampak kemiskinan

    a         Angka kematian

    b        Kriminalitas meningkat

    c         Akses pendidikan tertutup

    d        Pengangguran semakin banyak

    e         Munculnya konflik di masyarakat



    2.  Jelaskan bagaimana  mahasiswa dapat memahami dan menghargai kemampuan manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk membasmi kemiskinan !

    Jawab :

    Untuk memahami dan dapat menghargai kemampuan dengan memanfaatkan sumber daya alam untuk membasmi kemiskinan, yang harus diketahui terlebih dahulu adalah sumber daya alam apa yang ada di sekitar kita. Karena dengan mengetahui hal tersebut kita dapat memimikirkan apa yang akan kita buat serta bagaimana cara memanfaatkannya untuk membasmi kemiskinan. Namun tidak hanya itu saja, sumber daya manusia juga memiliki pengaruh penting agar pemanfaatan sumber dalam akan berjalan dengan baik. Jadi, setelah kita mengetahui SDA apa saja yang ada disekitar, maka SDM berperan penting untuk mempelajari bagimana cara mengolah dan mendistribusikannya. Seperti contoh, dalam suatu daerah memiliki banyak SDA banyak namun SDM nya tidak mengetahui cara mengelolanya dan tidak ada yang ingin mempelajari hal tersebut, maka SDA yang banyak hanya sia - sia saja dan tidak bisa untuk membasmi kemiskinan. Sedangkan, ada suatu daerah yang mempunyai SDA yang terbatas namun SDMnya mempunyai skill untuk mengelolah dan mendistribusikan SDA tersebut, maka daerah tersebut bisa membasmi kemiskinan dan membuat daerah tersebut maju dan makmur. Dengan melakukan hal – hal tersebut dan dilakukan dengan kerja sama, kita sebagai mahasiswa dapat saling menghargai serta dapat mempelajari bagaimana mengelola SDA dari kemampuan seseorang yang ada di daerah tersebut.

     

     

    3.    Jelaskan bagaimana mahasiswa mengkaji sistem ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam !

    Jawab :

    Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sumber daya alam yang ada di dalam bumi merupakan barang tambang. Di mana barang tersebut dapat diolah menjadi bahan baku, kemudian barang jadi. Setelah menjadi barang jadi, maka banyak manusia yang membutuhkan hal tersebut. Untuk membuat bahan baku menjadi bahan jadi, tetu memerlukan produsen, distributor, dan konsumen (manusia). Hal ini terjalin dalam bidang ekonomi. Berikut beberapa contoh bahan baku dan kegunaannya:

    ·         Asbes             : bahan pembuat sumbu kompor dan kaos lampu

    ·         Batu bara         : bahan bakar, pewarna, dan pengawet kayu

    ·         Belerang          : induistri obat-obatan dan korek api

    ·         Batu kapur      : industri semen, bangunan, dan car tradisional

    ·         Besi                 : industri mesin, jembatan, bangunan, dan alat rumah tangga

    ·         Bauksit            : bahan baku alumunium, pesawat terbang, dan alat rumah tangga

    ·         Emas               : bahan perhiasan bernilai tinggi

    ·         Gas alam         : bahan bakar

    ·         Minyak bumi : bahan bakar

    ·         Mangaan         : bahan besi baja Nikel bahan pelapis antri karat pada besi

    ·         Timah              : peralatan rumah tangga

    ·         Tembaga          : peralatan untuk bahan perunggu

     

    Beberapa bahan baku yang ada di bumi dapat cepat habis jika dimanfaatkan secara besar-besaran. Jika hal tersebut terjadi maka, manusia sendiri yang akan dirugikan.

     

     

    4.      Jelaskan bagaimana mahasiswa mengkaji kemampuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan guna memanfaatkan sumber daya alam ! 

    Jawab :

    ·         Dalam Bidang Pertanian

    Keberhasilan bidang pertanian sangat tergantung pada keadaan lahan pertanian, seperti keunggulan bibit, pupuk, air, cara pengolahan tanah, cara peraatan tanah dan tanaman, serta cara pemasaran hasil pertanian.Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, manusia mampu menentukan jenis tanah, unsur-unsur yang diperlukan tanaman sehingga dapat memberikan pupuk yang paling tepat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, bibit unggul dapat diketahui dengan menggunakan sinar radio aktif. Demikian juga dengan bembuatan obat pemberantasan hama tanaman. Dengan teknologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman. Bagi Negara yang lahan pertaniannya sangat terbatas, mereka menibgkatkan kuantitas produksi papan dengan mengembangkan tanaman yang bergantung di atas air yang mengalir yang dilengkapi unsur-unsur yang dibutuhkan timbuhan.

     

    ·         Dalam Bidang Industri

    Kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Pengguanaan teknologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit, temperatur dan tekanannya dapat meningkatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tradisional.

    Dengan pengaturan temperature yang tepat, tidak banyak minyak yang terbuang (menguap) dan jumlah minyak yang tertinggal pada ampas pun semakin berkurang

     


    5.      Jelaskan bagaimana mengkaji peranan teknologi dalam mengatasi kemiskinan !

    Jawab :

    Berkembangnya Teknologi yang semakin pesat saat ini, hal itu tak lepas dari peranan manusia itu sendiri dalam menciptakan Teknologi-Teknologi yang Baru. Kebutuhan manusia akan sebuah teknologi baru untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas merupakan faktor utama terciptanya teknologi baru. Kemiskinan dalam bidang ekonomi selalu menjadi kendala di negara-negara berkembang. Sangat sulit negara untuk memberantas kemiskinan. Sebenarnya jika kita semua memanfaatkan IPTEK maka kita semua dapat memberantas kemiskinan yang ada. IPTEK dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kemiskinan sebagai alat bantu, seperti:

    1.    Mendistribusikan informasi yang relevan untuk pembangunan

    2.    Memberdayakan masyarakat yang kurang beruntung dan terpinggirkan

    3.    Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh

    4.    Memperbaiki pendidikan melalui e-learning

    5.    Mengembangkan kemampuan

    6.    Memperkenalkan kebudayaan

     


  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13