• Pengertian, Tujuan, Ciri - Ciri, Komponen, Tahapan Pengembangan dari Sistem Informasi

     

    Hai teman teman, apa kabar semua? Semoga baik baik aja ya guys. Kali ini kita akan membahas tentang APA ITU SISTEM INFORMASI? Pada saat ini sebutan sistem informasi sudah tak asing lagi di telinga kita tapi kalian tau gak sih definisi dari sistem informasi. YUK CARI TAHU!


    PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

    Sistem informasi adalah sistem yang mengelola data menjadi sebuah informasi. Sistem informasi juga kombinasi dari hardware, software, jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk mengumpulkan, membuat, dan mendistribusikan data, biasanya dalam lingkup organisasi.


    PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MENURUT PARA AHLI

    • Menurut MC Leod
    Sistem Informasi adalah sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengelola informasi dari semua sumber daata serta memakai berbagai media untuk menampilkan informasi

    • Menurut Gordon B. Davis
    Sistem informasi adalah sistem yang menerima input yang berupa data dan intruksi, mengelola data sesuai dengan intruksi serta mengeluarkan hasilnya.

    • Menurut Henry Lucas
    Sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur - prosedur yang diorganisasikan, dan apabila di eksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.

    • Menurut Erwan Arbie
    Siste informasi adalah suatu sistem dala suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, antuan dan dukungan operasi.
    Sistem ini bersifat manajerial dari suatu organisasi danmembantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.



    TUJUAN SISTEM INFORMASI

    Tujuan dari adanya sistem informasi adalah untuk menghasilkan sebuah informasi yang di butuhkan oleh brainware. Agar tepat guna maka haru memenuhi syarat sebagai, berikut:
    1. Relevance
    2. Timeliness
    3. Accurate


    KOMPONEN SISTEM INFORMASI
    1. Komponen input, meliputi metode - metode dan media untuk menangkap data atau memasukan ke dalam sistem informasi.
    2. Komponen model, kombinasi prosedur untuk memproses data menjadi output.
    3. Komponen output, hasil pemrosesan data, yaaitu informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
    4. Komponen teknologi, perangkat input memroses dara dan menampilkan output, menyimpan dan mengakses data.
    5. Komponen basis data, kumpulan data yang berhubungan satu dengan yang lainnya.
    6. Komponen kontrol/kendali, untuk pengendalian terhadap operasional sistem.


    CIRI CIRI SISTEM INFORMASI

    Setelah mengetahui komponen sistem informasi, selanjutnya mengetahui ciri - cirinya. Berikut adalah ciri - ciri pada sistem informasi :
    • Baru merupakan informasi yang disampaikan setelah terjadi suatu kejadian dengan jangka waktu yang cepat, jadi informasi yang di dapat itu adalah fakta.
    • Kolektif adalah informasi yang sifatnya mengoreksi atau memperbarui informasi yang sudah ada sebelumnya dengan tujuan agar informasi sesuai dengan apa yang terjadi sekarang.
    • Penegas merupakan informasi yang bisa mempertegas info yang sudah ada dan tentunya informasi tersebut berbentuk riil atau nyata dalam sebuah kejadian yang ada.
    • Tambahan adalah informasi yang diperbarui sesuai dengan data yang dapat melalui meneliti dan mewawancarai dalam suatu kejadian atau peristiwa.


    TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

    Ada beberapa pemahaman mengenai tahapan pengembangan sistem informasi. Salah satunya adalah mengacu pada system development life cycle (SDLC). SDLC terdiri dari :
    1. Requirement Analisis (analisis kebutuhan)
    2. Design (perancangan)
    3. Implementation (implementasi)
    4. Testing (pengujian)
    5. Evalution (perubahan dan pemeliharaan)


    Setelah membaca teman teman sudah pahamkan apa itu sistem informasi? dari mulai pengertian, tujuan, ciri-ciri, komponen, hingga tahapan. Penulis mengucapkan Terima Kasih kepada teman - teman yang sudah membaca. Semoga apa yang di sampaikan bermanfaat untuk kita semua :)








  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13