• ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DENGAN KEMISKINAN

     

    1.      Mahasiswa dapat mendiskusikan pengertian ilmu pengetahuan

     Jawab :

    Secara etimologi, kata ilmu berasal dari bahasa Arab “ilm” yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam bahasa Inggris, “science” atau bahasa latin “Scientia” yang mengandung kata kerja scire yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

    Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli

    Selain pengertian ilmu secara umum sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, masih banyak lagi pendapat dan pandangan para ahli yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu ilmu pengetahuan. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini pengertian ilmu menurut para ahli dan pakar secara lengkap,

    Mohammad Hatta

    Definisi ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya.

    Dadang Ahmad S

    Ilmu pengetahuan menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

    Mappadjantji Amien

    Pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.

    Syahruddin Kasim

    Pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawimelalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.

    Helmy A. Kotto

    Ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

    Izuddin Taufiq

    Definisi ilmu adalah penelusuran informasi atau data melalui sebuah pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan hakikat, landasan dasar maupun asal usulnya.

    Karl Pearson

    Ilmu adalah keterangan yang stabil & komprehensif tentang suatu fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

    John G. Kemeny

    Ilmu ialah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode tersebut

    2. Mahasiswa dapat mendiskusikan 4 hal sikap yang ilmiah

                     Jawab :

    Sikap ilmiah pada dasarnya adalah sikap yang diperlihatkan oleh para ilmuwan saat mereka melakukan kegiatan ilmiah. 4 hal sikap ilmiah yaitu :

    ·         Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya, tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang. Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itu, kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia. Kejujuran merupakan bekal untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Jika seseorang telah memiliki kejujuran maka sesuatu yang wajar jika bila orang tersebut dapat dipercaya dan diberi amanat oleh banyak orang.

    ·         Terbuka Seorang ilmuwan harus mempunyai pandangan luas, terbuka, dan bebas dari praduga. Seorang ilmuwan tidak akan berusaha memperoleh dugaan bagi buah pikirannya atas dasar prasangka. Ia tidak akan meremehkan suatu gagasan baru. Seorang ilmuwan akan menghargai setiap gagasan baru dan mengujinya sebelum diterima atau ditolak. Dengan kata lain, ia terbuka akan pendapat orang lain. Keterbukaan berarti memberi peluang luar untuk masuk, dan menerima berbagai hal untuk masuk, baik itu di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, ideologi, paham dan aliran, ataupun ekonomi. Keterbukaan juga berarti menerima kritik, saran, dan pendapat orang lain dalam pergaulan.

    ·         Skeptis adalah sikap kehati-hatian dan kritis dalam memperoleh informasi. Namun, skeptis bukan berarti sinis tetapi meragukan kebenaran informasi sebelum teruji dan didukung oleh data fakta yang kuat. Tujuan dari skeptis yaitu tidak keliru dalam membuat pernyataan, keputusan atau kesimpulan. Seseorang yang mencari kebenaran akan bersikap hati-hati dan skeptis. Ia akan menyelidiki bukti-bukti yang melatarbelakangi suatu kesimpulan. Ia tidak akan sinis tetapi kritis untuk memperoleh data yang menjadi dasar suatu kesimpulan itu. Ia tidak akan menerima suatu kesimpulan tanpa didukung bukti-bukti yang kuat. Sikap skeptis ini perlu dikembangkan oleh ilmuwan dalam memecahkan masalah. Bila ilmuwan tidak kritis mengenai setiap informasi yang ia peroleh, kemungkinan ada informasi yang salah sehingga kesimpulan yang dihasilkan pun salah. Oleh karena itu, setiap informasi perlu diuji kebenarannya. Kata apatis diartikan sebagai sikap acuh tidak acuh, tidak peduli, dan masa bodoh. Secara sepintas skeptis dan apatis memiliki kesamaan arti dan maksud. Skeptis berarti sikap curiga, tidak mudah percaya, dan bersikap hati-hati atas tindakan orang lain. Orang menjadi acuh tak acuh dan tidak peduli karena ia terlanjur tidak percaya. Kehati-hatian dan curiga merupakan sikap dasar seseorang. Bagaimanakah sikap apatis dan skeptis dipadukan sehingga menjadi sebuah sikap yang kreatif dan bersifat konstrukstif. Seseorang harus apatis untuk sesuatu yang bukan merupakan wewenang dan tanggungjawabnya. Selain itu orang harus bersikap skeptis untuk berbagai hal. Segala sesuatu harus dipertanyakan, diklarifikasi, dan dijelaskan secara akurat. Dengan bersikap skeptis dapat ditemukan titik terang, kepastian, dan kebenaran.

    ·         Optimis adalah berpengharapan baik dalam menghadapai segala sesuatu, tidak putus asa, dan selalu berkata “Beri saya kesempatan untuk berpikir dan mencoba mengerjakannya”. Seorang yang memiliki kecerdasan optimis akan memiliki rasa humor yang tinggi. Sikap optimis berarti sikap yakin adanya kehidupan yang lebih baik dan keyakinan itu dijadikan sebagai bekal untuk meraih hasil yang lebih baik. Jika seorang ilmuwan mempunyai keinginan dan tujuan yang sangat besar dan juga mempunyai persiapan dan pengetahuan yang diperlukan, ditambah dengan rasa optimis dan percaya diri, maka segala tujuan pasti akan cepat tercapai/terwujud. Percaya diri dan optimisme itu saling terkait satu sama lain. Percaya diri tanpa optimisme tidak akan pernah ada artinya, karena sikap optimis merupakan daya yang besar untuk mendorong apa yang dipikirkan dan akan dilakukan. Percaya diri sangat membutuhkan sikap optimis.

     

    3. Mahasiswa dapat mendiskusikan pengertian teknologi

     

    Jawab :

     

    kata teknologi itu sendiri berasal dari kata “technologia ” atau bisa juga berasal dari kata “techno”. Makna dari kedua kata tersebut adalah keahlian dan pengetahuan. Sehingga pengertian dari teknologi pada umumnya adalah sebuah keahlian atau hal-hal yang juga berkaitan dengan pengetahuan. Arti kata teknologi ini hanya terbatas pada benda yang memiliki wujud saja seperti misalnya peralatan/mesin.

    Definisi dari teknologi itu sendiri juga dikemukakan oleh para ahli yang pendapatnya sangat beragam.

    Berikut ini beberapa pengertian tentang teknologi yang telah diungkapkan oleh para ahli :

    M. Maryono

    Definisi teknologi menurut M Maryono adalah terapan atau perkembangan dari berbagai jenis benda/peralatan yang digunakan manusia, atau bisa juga berupa sistem yang pada akhinya mampu menyelesaikan seluruh persoalan/masalah yang ada.

    Jacques Ellil

    Definisi teknologi menurut Jacques Ellil adalah metode yang sifatnya menyeluruh dan rasional serta mengarah, yang di dalamnya terdapat ciri efisiensi di segala aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia.

    Poerbahwadja Harahap, pengertian teknologi mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di bidang teknik, mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu. Dimana definisi ini mengacu pada definisi praktis dari teknologi yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan industri tertentu.

    4. Mahasiswa dapat mendiskusikan cirri-ciri fenomena teknik pada masyarakat

     

    Jawab :

     

    Ciri-ciri teknologi barat adalah sebagai berikut:

    ·         Bersifat Intensif pada semua kegiatan manusia.

    ·         Cenderung bergantung pada sifat ketergantungan.

    ·         Selalu berpikirbahwa barat adalah pusat dari segala teknologi.

    Ciri-Ciri Manusia yang Hidup di Bawah Garis Kemiskinan

    § Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    § Tidak memiliki faktor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan, dan lain-lain.

    § Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan atau modal usaha.

    § Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai tamat SD.

    § Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.

    § Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai keterampilan.

     

     

     5. Mahasiswa dapat mendiskusikan pengertian ilmu pengetahuan,teknologi dan nilai

     

    Jawab :

     

    ·         Ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta yang diterjemahkan ke dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengetahui dan mengingat sesuatu.

    ·         Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

    ·         Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna

    bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna

    bagi kehidupan manusia.

     

     

    6.    Mahasiswa dapat mendiskusikan pengertian kemiskinan

    Jawab :

    Ditimbulkan oleh mesinpengubah, lebih-lebih teknologi mampu menghasilkan teknologi yang lebih banyak dan lebih baik lagi. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian-bagian yang dapat dibeda-bedakan, tetapi tidak dapat dipisah-pisahkan dari suatu sistem yang berinteraksi dengan sistem-sistem lain dalam kerangka nasional seperti kemiskinan. Kemiskinan Kemiskinan lazimnya dilukiskan sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian, tempat berteduh, dan lain-lain.

    Garis kemiskinan yang menentukan batas minimum pendapatan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bisa dipengaruhi oleh tiga hal :

    ·      Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan

    ·      Posisi manusia dalam lingkungan sekitar

    ·      Kebutuhan objectif manusia untuk bisa hidup secara manusiawi Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, adat istiadat, dan sistem nilai yang dimiliki.

    7.    Mahasiswa dapat mendiskusikan ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan

    Jawab :

    ·      Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan. Dll

    ·      Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan ataua modal usaha

    ·      Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai taman SD

    ·      Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas

    ·      Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.

     

    8.    Mahasiswa dapat mendiskusikan fungsi kemiskinan

    Jawab :

    ·         kemiskinan menyediakan tenaga kerja untuk pekerjaan-pekerjaan kotor, tak terhormat, berat, berbahaya, namun dibayar murah.

    ·         kemiskinan memperpanjang nilai-guna barang atau jasa. Baju bekas yang tak layak pakai dapat dijual (diinfakkan) kepada orang miskin, termasuk buah-buahhan yang hampir busuk, sayuran yang tidak laku, Semuanya menjadi bermanfaat (atau dimanfaatkan) untuk orang-orang miskin.

    ·         kemiskinan mensubsidi berbagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan orang-orang kaya. Pegawai-pegawai kecil, karena dibayar murah, mengurangi biaya produksi dan akibatnya melipatgandakan keuntungan

    ·         kemiskinan menyediakan lapangan kerja. Karena ada orang miskin, lahirlah pekerjaan tukang kredit, aktivis-aktivis LSM yang menyalurkan dana dari badan-badan internasional, dan yang pasti berbagai kegiatan yang dikelola oleh departemen sosial.

    ·         memperteguh status sosial orang kaya. Perhatikan jasa orang miskin pada perilaku orang-orang kaya baru. Sopir yang menemaninya memberikan label bos kepadanya

    ·         bermanfaat untuk jadi tumbal pembangunan. Supaya tidak menganggu ketertiban dan keindahan kota, pedagang kakilima bila mengganggu lalu lintas ditertibkan (ditangkap, dagangannya diambil, dan kerugiannnya tidak diganti).

     

  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13