• SOAL-PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT

     

    1.     Jelaskan tentang kenyataan-kenyataan yang disebabkan oleh adanya pertentangan sosial!

     

    Jawab :

    Kenyataan yang disebabkan adanya pertentangan sosial adalah :

    §  Memperkuat integrasi dan solidaritas internal kelompok

    §  Mendorong terjadinya perubahan sosial guna menghilangkan kondisi kesenjangan dalam masyarakat;

    §  Mendorong perbaikan kapasitas lembaga yang berwenang pada suatu negara;

    §  Mendorong masyarakat menjadi lebih dinamis.

    §  Menciptakan kondisi ketidakteraturan sosial dalam masyarakat;

    §  Mengancam norma dan nilai sosial yang sudah terbentuk sebelumnya dalam suatu masyarakat;

    §  Menciptakan sifat prasangka buruk antar suatu kelompok;

    §  Hilangnya kontrol sosial dalam masyarakat.

     

    2.     Jelaskan tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan pertentangan sosial!

    Jawab :

    1. Perbedaan Individu

                Perbedaan Individu ini bisa berupa perbedaan dalam  perasaan, bisa juga dalam pendirian maupun perbedaan pendapat. Kita tahu bahwa setiap orang itu tidak sama, manusia itu makhluk yang unik dan istimewa tidak pernah ada persamaan yang baku antara individu dan lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya Konflik sosial, karena ketika kita menjalani Interaksi sosial tidak mungkin seseorang itu selalu sejalan dengan yang lainnya. Seperti perbedaan pendapat, perbedaan sudut pandang, pola fikir dan sebagainya.

     

    2. Perbedaan Kebudayaan

                Perbedaan kebudayaan ini dapat mempengaruhi pola pemikiran dan tingkah laku individu dalam kelompok kebudayaan yang bersangkutan. Jadi kita tahu bahwa setiap kebudayaan mempunyai bermacam-macam kergaman adat, kebiasaan yang membedakan dengan kebudayaan yang lainnya. Dalam lingkungan kelompok masyarakat yang sama bisa terjadi konflik apalagi dengan kebudayaannya yang berbeda karena ukuran yang dipakai dalam satu kelompok atau satu masyrakat tidak akan sama dengan masyarakat yang lainnya.

     


     

    3. Perbedaan Kepentingan

                Konflik dapat terjadi karena setiap individu memilki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda dalam melihat atau mengerjakan sesuatu. Jadi perbedaan kepentingan ini juga merupakan faktor yang kuat yang menyebabkan terjadinya konflik. Karena setiap individu tidak sama dan memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda pula ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan, demikian pula dengan kelompok pasti ada kebutuhan yang tidak sama dengan kelompok lain.

     

    4. Perubahan Nilai-nilai yang terlalu cepat

                Perubahan nilai yang terlalu cepat dapat menyebabkan terjadinya disorganisasi dan perbedaan pendirian mengenai reorganisasi dari sitem nilai yang baru atau sistem nilai berlaku. Dan bentrokakn kepentingan ini juga dapat terjadi diberbagai bidang seperti dibidan ekonomi, bisa juga terjadi dibidang politik dan sebagainya. Hal ini terjadi karena setiap individu memilki kepentingan yang berbeda dalam melihat dan mengerjakan sesuatu. Jadi perubahan ini dapat terjadi di berbagai aspek dan perubahan yang terjadi secara cepat ini akan membuat keguncangan dalam proses sosial di masyarakat bahkan dapat terjadi penolakan-penolakan terhadap semua bentuk perubahan karena dianggap mengacaukan tatanan kehidupan masyarakat yang sudah berlaku lama. 

                Sebenarnya perubahan ini adalah  sesuatu yang wajar terjadi, tetapi ketika perubahan ini terjadi secara cepat maka dapat menyebabkan gejala sosial karena ketidak siapan masyarakat  dan pada akhirnya akan menimbulkan konflik sosial.

     

    3.     Jelaskan tentang pertentangan yang dapat menimbulkan  ketegangan sosial!

    Jawab :

    A.       Perbedaan Individu:

    Tidak ada dua orang yang memiliki sifat, sikap, cita-cita, dan minat yang sama. Karena perbedaan-perbedaan ini mereka gagal mengakomodasi diri mereka sendiri yang dapat menimbulkan konflik di antara mereka.

     

    B.       Perbedaan Budaya:

    Budaya adalah cara hidup suatu kelompok. Budaya suatu kelompok berbeda dengan budaya kelompok lain. Perbedaan budaya antar kelompok terkadang menimbulkan ketegangan dan konflik. Perbedaan agama terkadang menyebabkan perang dan penganiayaan dalam sejarah. India dipartisi atas nama perbedaan agama.

     

    C.       Benturan Kepentingan:

    Kepentingan orang atau kelompok yang berbeda terkadang bentrok. Dengan demikian kepentingan buruh bentrok dengan kepentingan pengusaha yang berujung pada konflik di antara mereka.

     

    D.    Perubahan Sosial:

    Perubahan sosial menjadi penyebab konflik ketika sebagian masyarakat melakukan net change seiring dengan perubahan di bagian lain. Perubahan sosial menyebabkan kelambanan budaya yang berujung pada konflik. Konflik orang tua-remaja adalah hasil dari perubahan sosial. Singkatnya, konflik adalah ekspresi ketidakseimbangan sosial.

     

    4.     Jelaskan tentang bebagai golongan yang berbeda –beda ,bersamaan dengan integrasi sosial!

    Jawab : 

    Masyarakat Indonesia digolongkan sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan golongan sosial yang dipersatukan oleh kesatuan nasional yang berwujudkan Negara Indonesia. Masyarakat majemuk dipersatukan oleh sistem nasional yang mengintegrasikannya melalui jaringan-jaringan pemerintahan, politik, ekonomi, dan sosial. Aspek-aspek dari kemasyarakatan tersebut, yaitu Suku Bangsa dan Kebudayaan, Agama, Bahasa, Nasional Indonesia. Masalah besar yang dihadapi Indonesia setelah merdeka adalah integrasi diantara masyarakat yang majemuk. Integrasi bukan peleburan, tetapi keserasian persatuan. Masyarakat majemuk tetap berada pada kemajemukkannya, mereka dapat hidup serasi berdampingan (Bhineka Tunggal Ika), berbeda-beda tetapi merupakan kesatuan.

     

    5.     Jelaskan tentang masalah integrasi sosial.

    Jawab :

                Integrasi Sosial adalah merupakan proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat menjadi satu kesatuan. Unsur yang berbeda tersebut meliputi perbedaan kedudukan sosial,ras, etnik, agama, bahasa, nilai, dan norma. Syarat terjadinya integrasi sosial antara lain:

    ·         Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan mereka

    ·         Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan bersama mengenai norma dan nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman

    ·         Nilai dan norma berlaku lama dan tidak berubah serta dijalankan secara konsisten

     

  • 0 comments:

    Post a Comment

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13